Tips Menjaga Kesehatan Bagi Ibu Hamil

Ibu Hamil

Kehamilan menjadi salah satu fase kehidupan yang pastinya dinanti oleh kaum perempuan. Sudah sewajarnya jika calon ibu berupaya semaksimal mungkin untuk menjaga kehamilannya dengan baik. Salah satu upaya terbaik yang bisa dilakukan yakni dengan mengkonsumsi suplemen multivitamin seperti folamil genio yang memiliki peran penting dalam memelihara perkembangan otak janin atau bayi. Harga Folamil Genio cukup terjangkau dan tersedia di Blibli.

Selain itu, ibu hamil juga wajib menghindari beberapa hal yang berpotensi membahayakan kandungan, seperti berhenti merokok atau tidak terpapar asap rokok, mengurangi konsumsi minuman yang mengandung kafein, tidak minum alkohol, mengonsumsi vitamin, dan memperhatikan asupan nutrisi. Ada beberapa tips sederhana yang wajib diperhatikan dengan betul oleh para Ibu dalam menjaga kesehatan selama masa kehamilan.

Minum Suplemen Multivitamin 

Ketika Anda hamil, akan banyak perubahan dalam tubuh, begitu juga dengan kebutuhan nutrisinya. Saat mengandung, bayi Anda membutuhkan asupan untuk menunjang tumbuh kembangnya, sehingga Anda perlu mendapat nutrisi penting seperti asam folat, kalsium dan zat besi.

Olahraga secara rutin

Aktif berolahraga penting untuk kesehatan dan membantu Anda mengurangi stres, mengendalikan berat badan, meningkatkan mood dan mendapat kualitas tidur lebih baik. Ada baiknya bila Anda mengikuti kelas senam kehamilan  atau berjalan kaki setidaknya 15-20 menit setiap hari pada pagi hari. 

Pilates, yoga dan berenang juga bisa dijadikan pilihan. Namun sebelumnya Anda harus konsultasikan dengan dokter, di usia kehamilan berapa sebaiknya olahraga dan dengarkan tubuh Anda, jangan berlebihan.

Mencari banyak pengetahuan soal kehamilan

Menghadiri kelas persalinan akan membantu Anda merasa lebih siap untuk melahirkan dan menggali banyak informasi seputar persalinan. Anda tak hanya punya kesempatan untuk belajar lebih soal persalinan dan merawat bayi, namun Anda juga bisa berbagi pengalaman seputar kehamilan dengan peserta lainnya maupun instruktur.

Mengontrol berat badan

Perempuan yang sedang hamil wajar jika berat badannya akan melonjak. Tapi jika berlebihan, justru akan berisiko pada ibu dan bayi. Sebaliknya, jika kekurangan berat badan pun, berisiko membuat bayi dilahirkan dengan berat badan rendah.

Konsumsi ikan

Biasanya, anak-anak yang ibunya makan banyak ikan selama hamil memiliki IQ lebih tinggi. Hal ini disebabkan ikan mengandung omega 3 tinggi yakni nutrisi penting untuk perkembangan otak. Anda bisa mengonsumsi ikan tuna, udang, salmon atau lele. Hindari ikan todak, hiu dan mackerel yang mengandung merkuri tinggi dan membahayakan janin.

Makan makanan kaya asam folat

Selain minum 8-10 gelas air setiap hari, Anda juga harus makan lima atau enam makanan seimbang yang kaya akan asam folat. Contohnya asparagus, sayuran hijau. lentil, gandum utuh, jeruk, kacang-kacangan dan lainnya. Asam folat ini penting untuk perkembangan tabung saraf bayi yang juga berhubungan dengan tulang sumsum dan juga pembentukan sel darah merah. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan asam folat dan nutrisi lainnya dari susu khusus ibu hamil.

Rutin konsultasi dengan dokter atau bidan

Berkonsultasi dengan dokter atau bidan dapat memberi saran serta nasihat yang tepat selama masa kehamilan. Dokter akan memberikan informasi-informasi penting yang harus dipersiapkan dan yang perlu dilakukan selama masa kehamilan.

Dengan rutin menjalani pemeriksaan kehamilan, dokter akan mampu untuk mengantisipasi kemungkinan apa saja yang dapat terjadi selama masa kehamilan. Tentu saja akan mendapat arahan yang benar tentang perawatan ibu hamil sehat serta metode persalinan terbaik untuk bayi dan ibu.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms